Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Bangunan Rumah

Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Bangunan Rumah

Apa yang ada dipikiran Anda ketika menemukan rayap di salah dalam rumah Anda, terutama pada bagian bangunan yang terbuat dari kayu. Pastinya Anda akan merasa panik dan juga kesal, bukan? Rayap memang bukan termasuk jenis binatang yang menjijikkan. Namun kehadirannya di dalam rumah tentunya akan membuat ilfeel.

Apalagi jika Anda termasuk seseorang yang sering menerima tamu atau dengan kata lain, teman-teman Anda sering nongkrong di rumah Anda. Tentunya Anda tidak mau ada celetukan "jorok ada rayap". Hal inilah yang mendasari mengapa banyak orang yang akan melakukan apa saja demi bisa membasmi rayap yang terlanjur bersarang pada bangunan rumah.

Rayap merupakan jenis serangga sosial karena hidup berkelompok yang hidup di dalam kayu, selain itu makanan utamanya juga adalah selulosa yang ada pada kayu. Jadi, jika Anda menemukan rayap di dalam rumah Anda. Maka bangunan atau perabotan di rumah Anda pastilah sudah ada yang keropos.

Tentunya hal ini sangat merugikan bagi pemiliki rumah, karena otomatis harus mengganti atau memperbaiki bagian yang keropos di makan rayap tersebut. Namun sebelum itu, yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana caranya memusnahkan rayap-rayap ini supaya tidak menyebar memakan bangunan rumah yang lain.

Cara Membasmi Rayap Secara Manual dan Menggunakan Insektisida


Menggunakan Insektisida. Hal ini dikarenakan insektisida lebih praktis dan juga mudah didapatkan. Dengan berbekal uang dua puluh ribu rupiah saja Anda sudah membelinya di toko terdekat. Insektisida sendiri adalah racun serangga yang bisa digunakan untuk membasmi berbagai hama rumah seperti semut, kecoa dan juga rayap. 

Cara penggunaannya juga sangat praktis, hanya dengan menyemprotkannya saja saja. Ada berbagai macan merk yang dijual dipasaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Namun, perlu diwaspadai untuk penggunaan insektisida karena cukup berbahaya terutama bagi anak-anak. Untuk itu, usahakan Anda memakai masker dan sarung tangan saat menggunakannya. Dan juga, jauhkan anak saat Anda sedang menyemprot.

Umpan Rayap.


Cara kedua untuk membasmi rayap ini cukup aneh, tapi cara ini terbukti cukup efektif digunakan untuk memusnahkan rayap. Anda hanya tinggal membeli umpan rayap di toko dengan bermodal sekitar Rp 7.000,- an. Kemudian, pasanglah umpan tersebut di jalur atau tempat-tempat yang biasa dilintasi oleh rayap.

Ketika rayap memakan umpan tersebut dan membawanya ke sarang, maka semua rayap akan mati seketika. Untuk jenisnya, umpan rayap ini terbagi atas umpan outdoor dan indoor. Cara penggunaannya bisa Anda tanyakan ke toko dimana Anda membeli.

Memanggil Jasa Pembasmi Rayap.


Ada banyak perusahaan besar yang menyediakan layanan pembasmi serangga termasuk rayap. Cara ini juga tergolong lebih efisien dan cepat karena ditangani oleh ahli berpengalaman. Jika Anda adalah orang sibuk yang tidak memiliki waktu untuk mengurusi hal sepele seperti rayap, maka pilihan memanggil jasa pembasmi rayap sangat direkomendasikan untuk Anda. Biasanya bukan hanya rayap dan serangga saja yang akan langsung menghilang, tim ini juga akan melakukan langkah pencegahan supaya rayap tidak akan datang lagi. Tarif yang dipatok oleh jasa pembasmi rayap juga cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 30.000,- per meternya.

Semprotan Air Sabun


Membuat semprotan air sabun merupakan cara yang ampuh dalam membasmi hama kecil ini. Cara ini tergolong praktis dan juga gratis karena hanya memanfaatkan sabun di kamar mandi. Disini, Anda tinggal memasukan air sabun dengan dicampur air ke dalam wadah semprotan dan kemudian menyemprot sarang rayap. Cara ini cukup berhasil untuk membasmi rayap untuk sementara. Karena air sabun hanya berfungsi merusak sistem pernapasan rayap. Jika Anda ingin cara ini manjur, maka harus dilakukan secara rutin tanpa kenal lelah.

Menggunakan Tanah Diatom


Tanah diatom bisa membuat rayap terkikis dan kering karena partikelnya yang tajam. Cara menggunakannya juga sangat mudah, hanya dengan menaburkan tanah diatom di area bangunan dan perabot yang terbuat dari kayu misalnya kusen pintu, kusen jendela, lemari, dan lain sebagainya. Selain itu, taburkan juga tanah diatom ini ke sekeliling rumah untuk mencegah rayap masuk ke dalam.

Namun perlu berhati-hati dalam menggunakan tanah diatom ini. Meskipun tidak berbahaya, tapi jika terhirup maka dapat menyebabkan luka di pembuluh hidung dan paru-paru. Harga yang dibanderol produk tanah diatom juga cukup murah, Anda bisa membawa pulang produk ini dengan merogoh kocek sekitar Rp 50.000,- saja

Menggunakan Jebakan Kardus


Anda harus tahu bahwa rayap menyukai tempat yang lembab. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membasahi kardus dan memasukkannya di sarang rayap. Sudah pasti para rayap akan berbondong-bondong memakannya. Setelah itu, Anda tinggal mengambil kardus penuh rayap itu dan membakarnya. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Dibandingkang bahan kayu, bahan bambu lebih susah untuk dihinggapi rayap dan serangga lainnya. Ayo temukan perabot rumah dari anyaman bambu di : Anyaman bambu.

0 Response to "Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Bangunan Rumah"

Post a Comment

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel