Macam-Macam Desain Railing Tangga Minimalis

Macam-Macam Desain Railing Tangga Minimalis

Setiap orang termasuk Anda tentu memiliki kriteria rumah impian yang berbeda-beda satu sama lain. Ada orang yang bermimpi mempunyai rumah dengan desain dan dilengkapi fasilitas mewah. Namun, tidak sedikit juga yang merasa cukup memiliki rumah berdesain minimalis yang lebih sederhana. Perbedaan ini adalah suatu hal yang wajar karena kriteria rumah impian Anda dipengaruhi oleh faktor selera, kebutuhan dan kondisi finansial.

Apabila berdasar pada ketiga aspek tersebut, nampaknya rumah berdesain minimalis mulai mendapat tempat dan diminati banyak orang. Hal ini tentu saja sangat logis mengingat saat ini persoalan mengenai harga rumah maupun tanah sangatlah kompleks. Ya, untuk membangun sebuah rumah mewah Anda tentu membutuhkan tanah yang luas. Sementara itu, harga tanah dari setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Kemudian, jika Anda ingin membeli rumah mewah harga mahal pun tidak dapat diganggu gugat.

Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat banyak orang termasuk Anda beralih memilih rumah dengan desain minimalis. Alasan mengenai keterbatasan dana yang dimiliki tentu saja tidak dapat Anda paksakan. Namun, desain rumah yang minimalis tidak selamanya sederhana dan menutup kemungkinan bagi Anda untuk memperindahnya. Anda tetap dapat berinovasi dan mengekspresikan selera diri dengan cara mempecantik tampilan hunian minimalis hunian yang dimiliki. Salah satu cara yang sedang trend saat ini adalah melengkapi rumah Anda dengan railing tangga yang minimalis.

Perpaduan yang sama-sama minimalis ini tentu sangatlah cocok untuk menambah nilai artistik dari desain rumah Anda. Ya, komponen ini biasanya digunakan untuk memperindah bagian pegangan tangan pada tangga. Disamping fungsi estetikanya, stair railing juga dipergunakan untuk memenuhi aspek keamanan dari rumah Anda. Secara umum, terdapat tiga jenis railing (pagar) tangga yang dapat Anda gunakan, yaitu berbahan stainless dan kayu. Kedua railing tersebut tentu memiliki ciri khas masing-masing yang akan diulas secara lengkap pada paragraf di bawah ini.

Model Railing Tangga Stainless Minimalis 


Material pertama yang penggunaannya paling populer serta banyak beredar di pasaran adalah stair railing berbahan stainless. Jenis ini tergolong lebih unggul apabila ditinjau dari segi ketahanan dan durability dibandingkan stair railing lainnya. Railing stainless ini juga sangat fleksibel dalam aplikasinya karena dapat dipasang di dalam (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Selanjutnya, dilihat dari segi keindahan, kehadiran railing ini pun tidak perlu diragukan lagi karena memiliki berbagai model menarik yang dapat Anda pilih.

1. Stair railing custom grid


Railing custom grid atau kotak-kotak ini dibuat dengan material dasar berupa metal fabrication stainless. Jenis material ini cocok untuk desain tangga rumah Anda baik indoor maupun outdoor. Selain itu, model ini juga amat banyak ditemui di pasaran dan telah terkenal dengan ketahanannya yang cukup kuat.

2. Metal glass railing


Model railing minimalis yang berikutnya berbahan dasar dari metal glass. Sedikit berbeda dengan jenis custom grid, railing ini menonjolkan kesan glossy atau berkilau layaknya stainless yang dilapisi kaca. Oleh karena itu, kesan elegan dan menawan jelas lebih menarik dibandingkan custom grid yang tampilannya terkesan biasa.

3. Stair railing kabel


Model ini mengkombinasikan pegangan tangga berbahan dasar stainless dengan kabel berdiameter 1 cm. Cara instalasinya pun berbeda dibandingkan jenis lainnya, dimana jika pemasangannya mengarah ke atas, maka kabel dipasang sejajar pegangan tangan. Disamping ketiga model tersebut, sebenarnya masih terdapat beberapa railing tangga yang belum dibahas seperti zig-zag, kontemporer, dan custom made. Selain berbahan dasar stainless, terdapat juga railing yang menggunakan material utama berupa kayu. Jenis ini pun terdiri dari beragam model sama halnya seperti railing stainless.

Model Railing Tangga Kayu Minimalis 


1. Railing barn wood


Jenis railing ini mengedepankan sisi kuno dan antik sehingga cocok untuk hunian berdesain minimalis klasik atau vintage.

2. Railing dengan jajaran ukiran


Daya tarik railing ini terletak pada ukiran-ukirannya yang membuatnya terlihat artistik. Model railing ini banyak ditemui pada hunian dengan konsep minimalis, mewah dan klasik.

3. Railing midtown


Sebenarnya, model railing ini tidak terlalu istimewa apabila dibandingkan dengan barn wood maupun jajaran ukiran. Namun, jenis railing inilah yang umumnya digunakan pada hunian minimalis modern saat ini.

Dalam menghadirkan kesan artistik pada hunian minimalis, Anda tentu perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Salah satu aspek yang wajib Anda pertimbangkan adalah mengenai harga. Ya, berbeda model, modifikasi dan material pasti juga mempengaruhi harga serta service pemasangannya. Berikut ini adalah referensi mengenai harga railing per meter yang berlaku di pasaran.

Perkiraan Harga Model Railing Tangga Stainless dan Kayu 


1. Harga stair railing stainless


Harga railing tangga bermaterial stainless berada pada kisaran Rp 700.000,- hingga Rp 1.500.000,-. Patokan harga railing ditentukan oleh banyaknya jajaran tangga dan bahan yang melapisinya. Contohnya apabila Anda memilih railing metal glass dengan efek glossy, maka biaya yang dikeluarkan pun lebih mahal dibandingkan custom grid. Kemudian, jumlah harga tentu dapat berubah lagi jika Anda menginginkan tambahan aksesoris penghias berupa kaca tempered atau acrylic.

2. Harga stair railing kayu


Apabila dibandingkan dengan model stainless, harga railing berbahan dasar kayu lebih sulit diprediksi. Hal ini dikarenakan pemesanan railing kayu bersifat custom. Artinya Anda dapat menentukan desain sesuai dengan selera. Jadi, harga yang dipatok pun sangat bergantung pada jenis kayu yang digunakan, model, penambahan ukiran serta modifikasinya.

0 Response to "Macam-Macam Desain Railing Tangga Minimalis"

Post a Comment

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel