Macam-Macam Keramik Batu Alam Populer Untuk Lantai & Dinding Rumah Anda

Macam-Macam Keramik Batu Alam Populer Untuk Lantai & Dinding Rumah Anda

Macam-Macam Keramik Batu Alam Populer Untuk Dinding & Lantai


Siapa yang tidak mengenal batu alam? Pastinya jika anda seseorang yang berlatar belakang teknik bangunan atau teknik sipil tentunya akan merasa sangat akrab dengan salah satu material ini. Bebatuan alam merupakan material yang digunakan tidak hanya untuk membangun sebuah bangunan saja, tetapi juga berfungsi sebagai penunjang penampilan dan memenuhi nilai setetika suatu bangunan.

Dari zaman klasik hingga modern seperti sekarang ini, penggunaan bebatuan alam sebagai hiasan bangunan masih sangat populer. Disamping menyuguhkan kealamian, batuan alam juga memperlihatkan nilai seni yang tinggi. Sayangnya, batu alam ini tidak mudah didapatkan. Setiap daerah penghasil batu alam mempunyai cirikhas masing-masing, biasanya cirikhas nya terletak pada motif dari batu alam itu sendiri.

Bebatuan alami dengan motif yang beragam dapat diolah sedemikian rupa menjadi sebuah karya seni seperti pot, patung, hiasan dinding kolam ikan, hiasanya pilar bangunan, hiasan teras, dan sebagainya. Namun yang paling lazim kita jumpai adalah batu alam yang digunakan sebagai hiasan bangunan khususnya dijadikan keramik dinding. Berikut ini adalah beragam motif keramik dinding yang terpopuler tahu 2018.

Motif Keramik Batu Alam Terpopuler


1. Hitam mengkilat dengan permukaan yang kasar


Hitam merupakan warna dasar dari bebatuan. Warna hitam mengkilat biasanya mengandung makna yang kuat dan misterius. Motif bebatuan dengan warna seperti ini paling lazim digunakan sebagai motif keramik dinding bangunan. Warnanya yang hitam jika diaplikasikan pada dinding bangunan, tidak akan megganggu warna pintu atau jendela yang memiliki warna yang berbeda dengan warna pekat dari batu alam tersebut.

2. Warna Abu-abu halus simetris pola papan catur 


Biasanya memasang batuan alam sebagai keramik dinding sudah berbentuk blok-blok persegi dengan ukuran sedemikian rupa. Jika anda ingin mengaplikasikan warna Abu halus tetapi tidak membosankan, bisa juga memasang dengan pola papan catur. Untuk menciptakan pola selang seling seperti motif papan catur tentunya memerlukan lebih dari satu warna yang berbeda.

anda dapat menggunakan metode tipuan dengan memasang satu blok agak ke depan dan satu blok agak ke belakang. Cara seperti ini biasanya digunakan untuk mengelabui penglihatan sehingga kita menganggap warna keramik bebatuan tersebut lebih dari satu warna. Warna abu dengan tekstur halus juga lebih aman digunakan bagi anda yang ingin mengaplikasikan pada dinding yang sering berkontakan dengan anak-anak.

3. Motif batu alam granit


Batu alam granit memiliki pola marble atau pola abstrak dengan dominasi warna cream dan coklat muda. Batu alam jenis ini ada dua macam yaitu bertekstur kasar dan bertekstur semu. Bebatuan alam granit juga ada yang sudah dibentuk berbentuk blok-blok simestris untuk memudahkan dalam pemasangan dan ada juga yang memang berbentuk tidak karuan seperti bulat yang tidak simetris atau persegi yang tidak simetris.

Motif batu alam granit memberikan persepsi kesejukan dan ketenangan bagi yang melihatnya. Batuan alam jenis granit juga memiliki sifat dasar dingin yang dapat memberikan efek dingin pula bagi dinding bangunan. Tidak hanya itu, motif keramik dinding batu alam granit juga dapat menambah kesan elegant  dan mewah bagi dinding bagunan anda.

4. Motif Andesit berbintik


Warna keramik batu alam Abu tua dengan motif bintik hitam atau putih juga banyak diaplikasikan pada dinding bangunan. Tidak hanya aman karena tekstur bebatuan jenis ini cenderung halus, harganyapun tidak terlalu tinggi. Meskipun lebih murah dari keramik bebatuan alam jenis lainnya, motif Andesit berbintik seperti ini juga tetap terlihat mewah tergantung bagaimana model anda memasangnya serta ketepatan lokasi anda memasangnya.

5. Keramik batu alam motif ukiran


Motif jenis ini biasanya diterapkan pada bagunan mewah seperti hotel, villa, restaurant dan sebagainya. Tidak menyangkal pula keramik alam yang bermotif ukiran bisa juga diterapkan pada hunian untuk mendukung kemewahan bangunan.

Bebatuan alam yang digunakan untuk motif ukiran biasanya berwarna putih bersih dan beberapa jenis batu seperti batu gamping, batuan sedimen, marmer, granit, batu paras dan sebagainya. Harga keramik batu alam dengan motif ukir tentu jauh lebih tinggi daripada harga keramik biasa. Tentu saja kerumitan pola ukir serta bahan yang digunakan masuk perhitungan dalam menentukan harga pasar keramik batu alam motif ukiran.

6. Motif batu alam marmer


Batu alam marmer tentu berbeda dengan batu granit. Perbedaan yang tidak begitu mecolok membuat kita sering keliru dalam membedakan kedua jenis bebatuan alam tersebut. Marmer memiliki tekstur yang lebih halus serta gradasi warna dan pola yang lebih indah daripada granit. Namun sisi negatif dari marmer adalah batuannya lebih rentan terkena goresan dan kotoran daripada batu granit.

Efek yang dihasilkan dari memasang keramik batu alam jenis marmer yaitu akan memberikan kesan sejuk pada dinding dan luas bagi ruangan. Pola yang lebih indah dan teratur membuat nyaman mata yang memandang sehingga tidak membosankan bila diperhatikan terus menerus. Harga bebatuan jenis marmer juga tergantung ukuran dan kualitas. Tentunya harga selalu menyesuaikan dengan kualitas barang.

Baca juga : Tips-tips memilih motif keramik untuk dapur, ruang tamu & teras rumah anda.

Motif Keramik Lantai 40x40


Kebanyakan orang yang membangun rumah pastinya akan memilih jenis dan motif keramik untuk lantai. Pemilihan dan pemasangan lantai keramik memang terlihat sepele dan tidak terlalu penting padahal memilih motif dan bahan keramik bukan hal yang mudah. Karena semakin banyaknya jenis  dan corak, maka sering kali pemilihan motif keramik lantai 40x40 menjadi hal yang membingungkan, apalagi jika anda meminta banyak saran pada orang lain.

Biasanya keramik untuk lantai yang berukuran 40 x 40 digunakan untuk ruang-ruang yang lebih lega misalnya ruang tamu atau ruang keluarga. Jika anda memutuskan untuk memilih keramik berukuran 40x40 tapi bingung memilihnya anda bisa mengkategorikan pemilihan keramik dalam 3 kategori yaitu ukuran, jenis, dan bahannya. Harga juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih, sebaiknya memilih harga yang murah tapi tetap mengedepankan kualitas.

Saking banyaknya jenis, motif dan corak keramik di pasaran sering kali membuat kita salah memilih jenis keramik yang bagus dari segi bahan dan motifnya . Bahkan harga dan kualitas keramik ini  dibagi-bagi lagi ke dalam barang KW 1, KW 2, KW 3 yang semakin membuat kita semakin sulit menentukan pilihan. 

Resiko salah pilih jenis keramik adalah membongkar pasang keramik yang sudah anda pasang di rumah. Selain itu akan ada anggaran tambahan lagi jika harus bongkar pasang, maka dari itu sebelum anda membeli dan memasangnya di rumah sebaiknya anda pilih dahulu minimal yang sesuai dengan selera anda tapi juga serasi dengan desain rumah anda.

Ada banyak ukuran keramik pada lantai di rumah mulai dari ukuran yang paling kecil hingga ukuran terbesar. Berikut ukuran keramik yang bisa anda jadikan referensi atau patokan dalam memilih keramik yang pas dan cocok dengan ruangan di rumah. Ukuran 20x20, 20x25, 30x30, 40x40, 50x50 dan yang terakhir yaitu ukuran 60x60.

Anda bisa sesuaikan ukuran-ukuran keramik tersebut dengan luas ruangan di rumah anda terlebih dahulu. Jika sudah yakin akan memilih salah satu atau lebih ukuran keramik tersebut barulah anda memilih bahan apa yang tepat dan berkualitas tinggi. Terakhir baru anda sesuaikan dengan selera anda dalam memilih motif dan corak yang serasi.

Kebanyakan masyarakat sekarang ini lebih memilih keramik yang berukuran 40x40 dan 60x60. Walaupun ukuran yang umum dipilih oleh orang-orang adalah 30x30, 40x40, dan 60x60. Tetapi untuk ukuran keramik 40x40 dan 60x60 banyak dipilih karena besarnya ukuran keramik tersebut akan menambah kesan luas dan lapang pada setiap rumah.

Memilih Motif Keramik Lantai 40x40 untuk rumah minimalis


Di tahun 2016 lalu, pemilihan keramik diutamakan pada bahan keramik yang akan digunakan sehingga orang-orang pun akan memilih bahan keramik yang memiliki kualitas unggul. Tapi di tahun 2017 silam pemilihan jenis keramik ini diutamakan pada warna motif dan coraknya, maka tak heran jika semakin banyak motif dan corak keramik dengan paduan warna yang indah yang terus bermunculan.

Pemilihan warna untuk motif keramik lantai 40x40 akan menjadi aspek yang penting dalam melengkapi estetika desain interior di suatu rumah. Warna yang tidak terlalu gelap atau paduan antara 2 warna yang berbeda akan sangat pas jika diaplikasikan pada keramik yang berukuran 40x40. Anda juga bisa memadukan warna keramik tersebut dengan furnitur atau cat dinding ruangan.

Memilih keramik bisa didasarkan pada penempatannya, misalnya menggunakan keramik yang polos dan tidak memiliki pola pada keramik lantai ruang tamu. Sedangkan pemilihan berdasarkan fungsinya bisa dilihat pada keramik lantai setiap kamar mandi yang memiliki permukaan yang agak kasar agar setiap penghuni bisa menggunakan kamar mandi dengan nyaman karena lantainya tidak licin.

Bagaimana dengan lantai keramik di halaman atau teras, hampir sama dengan ruang tamu anda bisa menggunakan keramik berjenis polos agar mendapatkan kesan elegan dan luas. Keramik dengan ukuran 40x40 merupakan ukuran keramik yang sangat ideal dan pas jika dipasang di rumah bergaya minimalis. 

Lain halnya dengan keramik lantai di sebuah perkantoran atau di beberapa tempat umum yang seringnya mengusung keramik yang berukuran lebih besar lagi yaitu ukuran 60x60. Jenis keramik yang tergolong keramik biasa bisa dilihat dari segi warna, model dan ukuran adalah jenis yang paling lengkap tapi segi awet dan tahan lamanya, jenis keramik marmer adalah yang paling pas.  Karena keramik marmer tampilannya lebih berkelas dan harganya pun lebih mahal.

Banyak pilihan pada motif keramik lantai 40x40 diantaranya motif bunga-bunga, motif kembang, motif mozaik, motif garis dan motif yang memadukan garis melengkung dengan garis lurus. Sedangkan untuk harga keramik setiap motif pasti berbeda-beda dan harganya pun beragam. Jangan tertipu pada keramik yang harganya murah karena murah belum tentu bagus dan belum tentu tahan lama.

0 Response to "Macam-Macam Keramik Batu Alam Populer Untuk Lantai & Dinding Rumah Anda"

Post a Comment

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel