Tips Lengkap Untuk Memilih Motif Keramik di Setiap Sudut Rumah Anda


Tips Lengkap Untuk Memilih Motif Keramik di Setiap Sudut Rumah Anda

Pada artikel ini kita akan mengupas tuntas segalanya yang berhubungan dengan motif keramik. Disini juga akan admin jelaskan tips-tips dalam memilih motif keramik di lantai-lantai rumah anda. Baik itu untuk lantai teras, dapur, ruang tamu, dini dan lainnya. Semoga artikel ini menjawab kebingungan anda :).

Tips Memilih Motif Keramik Lantai Ruang Tamu Yang Berkualitas


Desain interior yang menjadikan rumah tampak cantik dan menarik adalah lantai ruang tamu. Walaupun lantai hanya sebagai pijakan anda di rumah
, namun pilihan jenis dan motif keramik lantai ruang tamu yang tepat tidak akan menampilkan kesan dingin pada lantainya. Dengan semakin beragamnya motif, model, ukuran dan bahan pasti akan membuat anda bingung dalam memilih.

Tapi jangan khawatir, kami akan memberi tips dan referensi motif keramik yang bisa anda pasang di ruang tamu. Karena jika anda sembarangan memilih motif keramik, maka tampilan interior rumah akan terkesan salah kostum. Pengaplikasian lantai keramik harus disesuaikan dengan model atau desain interior rumah minimalis anda.

Tips Memilih Motif Keramik Lantai Ruang Tamu Yang Berkualitas


  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah sesuaikan dahulu ukuran motif keramik yang akan dipilih dengan ukuran ruang tamu anda.
  2. Pilihlah keramik dari segi kualitas bahan misalnya jenis keramik yang kepadatannya bagus. Jenis keramik yang beratnya ringan biasanya cepat keropos hingga mudah rusak.
  3. Selain motifnya, ketahanan keramik juga harus diperhatikan. Pilihlah keramik yang mudah dibersihkan jika terkena noda minyak atau noda lainnya.
  4. Kalau anda memiliki tema pada ruang tamu, maka sesuaikanlah motif, warna, dan desain keramik dengan tema di ruangan.   
  5. Anda ingin tahu mana keramik yang berkualitas buruk? Coba uji dengan menggores keramik tersebut, jika goresannya tidak cepat hilang maka sudah pasti keramik itu memiliki kualitas yang buruk.

Model Atau Motif Keramik Lantai Ruang Tamu Yang Bisa Menjadi Inspirasi


Ada dua jenis motif keramik lantai ruang tamu yang biasa dipakai yaitu keramik jenis kayu atau biasa disebut parquet. Biasanya motif kayu ini banyak digunakan oleh orang-orang di luar negeri sana atau di kawasan benua eropa. Tapi anda juga bisa memilih motif keramik lantai kayu ini jika memang sudah sesuai dengan konsep dan tema ruang tamu anda.

Motif berikutnya yang sering digunakan oleh orang-orang di Indonesia adalah motif keramik tegel.  Saat anda memilih motif tegel ini untuk lantai ruang tamu usahakan untuk memilih bahan yang bagus dan tidak licin jika terkena air karena biasanya keramik tegel ini memiliki material yang lebih licin dari model keramik lainnya.

Dari segi ukuran, pilihlah motif keramik yang berukuran medium atau besar. Pilihlah bentuk persegi agar mudah dipasang dan bentuk persegi ini biasanya sangat cocok jika dipasangkan di lantai ruang tamu. Motifnya bisa gradasi warna hitam dan abu, bisa juga motif yang menyerupai batik. Jika rumah anda memiliki kesan elegan sebaiknya pilih bahan keramik mirror inlays atau keramik porcelain.

Anda juga bisa memilih motif keramik dengan corak yang unik. Jangan lupa untuk mengkombinasikan warna tema ruang tamu dengan warna keramik yang dipilih. Bisa dengan menyamakan warnanya atau memadukan warna yang cocok bagi keduanya lalu pilihlah warna yang dominan pada keramik.

Harga keramik sangat bervariasi dan tergantung pada jenis, motif, desain, dan juga bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Sama dengan barang lainnya harga pada setiap keramik juga tentu bergantung pada kualitas keramik itu sendiri. Semakin mahal harga keramik maka akan semakin bagus juga kualitasnya. Usahakan pilih keramik dengan harga yang masih sesuai bajet tapi dengan kualitas yang tetap maksimal.

Ciptakan atmosfer yang kuat pada ruang tamu saat anda memilih motif keramik karena hal itu akan memengaruhi kecantikan rumah anda dan keindahan desain interiornya. Bukan hanya motifnya yang unik tapi pilihlah keramik yang memiliki corak yang apik namun beragam. Terlalu banyak corak bisa memberi kesan ‘norak’ pada tampilannya jadi pilihlah corak sederhana namun bernuansa elegan.

Motif bunga pada keramik lantai ruang tamu adalah jenis motif yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di perkotaan yang memiliki rumah minimalis modern. Karena motif ini selalu kekinian dari zaman ke zaman dan tidak terkesan ketinggalan zaman walaupun selalu dipakai dari tahun ke tahun. Dan motif bunga ini memberi kesan alami dan natural pada ruangan di dalam rumah.

Jika ingin memberi kesan yang lega dan lapang pada ruang tamu anda yang kecil atau sempit, anda bisa memilih jenis keramik glossy. Kesan bersih juga biasanya akan tampak pada keramik glossy namun dengan pilihan warna-warna yang natural dan cerah.

Untuk anda yang lebih suka dengan keramik polos dan tidak banyak motif atau corak yang rumit, tidak masalah. Jangan merasa takut ruang tamu anda akan terkesan biasa saja jika memilih keramik yang polos karena motif keramik lantai ruang tamu tetap bergantung pada selera si penghuni rumah. Anda bisa memadukan motif polos tersebut dengan karpet bermotif sebagai pelengkap ruangan.

Tips Memilih Warna Motif Keramik Lantai Teras Paling Cantik


Lantai merupakan dasar sebuah bangunan yang melekat jadi satu ketika kita akan mendirikan sebuah bangunan. Lantai tidak hanya sekedar menjadi dasar pijakan pada sebuah bangunan saja, tetapi juga pijakan seluruh kegiatan yang dilakukan didalam bangunan yang secara teknis bersentuhan secara langsung. Maka dari itu, keindahan dan kenyaman yang dihasilkan ketika melakukan kontak langsung dengan lantai perlu diperhatikan.

Biasanya dalam membangun sebuah bangunan, motif lantai teras dengan motif lantai didalam ruangan dibedakan sedemikian rupa guna menghasilkan kesan yang berbeda. Warna motif keramik lantai teras cenderung lebih menarik dan unik daripada motif keramik lantai didalam bangunan. Hal tersebut diterapkan guna memberikan kesan pertama bagi wajah depan bangunan serta menunjang penampilan bangunan.

Menentukan warna motif keramik juga tidak lepas dari warna dinding serta tema bangunan yang diaplikasikan. Motif keramik juga merepresentasikan jenis bangunan tersebut. Misalnya motif keramik teras rumah berbeda dengan motif keramik teras kantor atau teras rumah sakit, dan sebagainya. 

Warna Motif Keramik Lantai Teras Simple dan Nyaman


Kesempatan kali ini, kami akan menyajikan beberapa warna motif keramik lantai teras yang dapat dijadikan panduan bagi anda yang ingin memiliki teras rumah atau sedang merancang sebuah  bangunan dengan lantai yang sederhana dan tak bosan dipandang. Tapi tetap, kenyaman juga menjadi proritas utama disamping keindahan dan keseragaman dengan dinding bangunan. 

1. Cokelat parquete


Warna keramik cokelat dengan tekstur parquet seperti membentuk blok-blok  cocok untuk anda yang menginginkan teras yang selalu tampak hangat dan bersih. Noda dapat berkamuflase dengan baik pada warna cokelat sehingga anda akan merasa selalu siap menerima tamu kapanpun tanpa merasa khawatir akan penampilan teras anda. Warna cokelat memberikan kehangatan dengan mengimbangi warna pepohonan yang ditanam disekitar bangunan.

2. Motif bebatuan alam hitam dan abu


Motif jenis ini sebaiknya diterapkan diteras bagian belakang. Motif jenis ini tidak cocok sebagai motif penyambutan karena warna yang cenderung tidak konsisten dan tekstur yang sedikit agak keras. Motif ini cocok diaplikasikan pada teras belakang yang berdekatan dengan kebun sehingga warna bebatuan matching dengan warna tanaman dikebun.

3. Motif  gradasi warna hitam putih


Warna hitam dan putih merupakan warna internal yang dapat dipadu padankan dengan warna apapun sehingga ketika anda mengaplikasikan warna hitam dan putih pada keramik lantai teras pun akan sesuai dengan beragam warna dinding anda. Akan tetapi untuk menhasilkan warna yang seirama, anda perlu memberikan transisi  lembut dari hitam ke putih atau sebaliknya.

4. Wood style


Kayu biasanya digunakan sebagai dinding sebuah bangunan klasik. Tetapi motif kayu tidak dipungkiri sesuai untuk warna keramik teras bangunan. Keramik motif kayu memiliki dua jenis yaitu ada yang bertekstur nyata dan semu. Orang-orang lebih banyak menggunakan tekstur semu karena mempunyai permukaan yang halus namun sayangnya lantai kerap licin ketika hujan atau ketika kebasahan oleh air.

5. Warna marble granit


Warna dari bebatuan granit paling sering diaplikasikan pada warna lantai sebuah teras bangunan yang memiliki pilar-pilar tinggi. Warna granit terkesan kalem dan sejuk. Tekstur granit yang bercorak dan mengkilap memberikan kesan elegant dan mewah pada lantai teras bangunan. Biasanya pada zaman dahulu, warna granit yang bercorak diaplikasikan pada sebuah banguna megah seperti istana atau museum pada zaman sekarang.

6. Motif hexagonal dan pentagonal


Motif ini biasanya agak membingungkan karena banyaknya garis-garis yang terbentuk. Untuk menciptakan motif hexagonal namun tetap terlihat tidak membingungkan, sebaiknya penggunaan warna untuk motif keramik ini adalah warna nude dan garis yang diberikan sedikit diredupkan.

7. Abu-abu polos atau dengan tekstur yang abstrak dan  nyata


Abu ialah warna gradasi dari hitam ke putih atau sebaliknya. Abu juga menjadi simbol warna perdamaian dan keadilan. Warna abu cocok bagi warna motif keramik lantai teras khususnya untuk bangunan kantor atau instansi seperti rumah sakit, klinik, dan sebagainya. Banyak juga kantor pemerintahan yang menerapkan warna Abu dengan teksture nyata seperti permukaan yang seolah-olah berpasir.

8. Tekstur sketchup 3D


Tekstur ini merupakan tekstur pola tak beraturan atau abstrak. Tekstur ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan lantai yang bervolume.  Pola sketchup 3D memberikan effek volume pada lantai teras bangunan yang biasanya diterapkan pada bangunan dengan teras yang luas.

9. Romance style


Gaya seperti ini biasanya membentuk suatu gambar atau objek apabila seluruh kramik disusun dengan tepat. Artinya, jika menggunakan gaya ini, nantinya hanya ada satu objek yang terbentuk ditengah-tengah teras. Warna yang diaplikasikanpun biasanya warna cream. Style seperti ini juga lebih cocok pada teras bangunan yang luas sehingga objek gambar yang akan diterapkan seperti bunga, burung, dan sebagainya dengan leluasa terlihat jelas.

Tips Memilih Motif Keramik Dapur Paling Cantik


Di era modern ini ruangan dapur sudah memiliki desain interior yang kekinian dan tidak ketinggalan zaman. Bahkan untuk dapur kotor sekalipun desainnya tetap dibuat semodern mungkin termasuk motif keramik dapur yang bisa memberi fungsi estetika di dalam rumah. Jadi, bukan hanya ruang tamu atau kamar saja yang memiliki tema, tapi ruangan dapur juga bisa dan harus dibuatkan tema.

Tema ini bisa menjadi inspirasi anda dalam memilih motif keramiknya. Tidak hanya keindahannya saja yang harus diperhatikan dalam desain ruangan dapur, tapi anda juga harus  memperhatikan kenyamanannya. Bagaimana keramik yang anda pilih ini bisa memberi kenyamanan pada setiap orang yang masuk ke dapur atau siapa saja yang bertugas memasak di dapur.

Desain dan motif keramik sudah memiliki kemajuan pesat termasuk salah satunya motif untuk lantai dapur di rumah anda. Bahkan kini keramik yang diaplikasikan di ruangan dapur sering dipasang di dinding dapur untuk menghindari lemak atau noda kotor yang berasal dari makanan yang menempel di dinding. Jadi pilihan motif keramik ini bukan hanya pada lantainya saja tapi bisa untuk dinding dapur.

Tips Memilih Desain Atau Motif Keramik Dapur 


1. Ukuran keramik


Lagi-lagi ukuran menjadi hal yang paling penting dan wajib anda perhitungkan dalam langkah awal memilih motif keramik. Bukan hanya di lantai dapur sebenarnya tapi di bagian lantai ruangan lainnya di rumah anda. Ukurlah luas ruangan terlebih dahulu baru memilih jenis keramiknya bisa yang berukuran besar maupun kecil tidak masalah yang penting ukuran tersebut bisa memvisualisasikan tampilan dapur agar tetap unik.

2. Motif keramik


Ini yang paling menarik untuk disimak dalam memilih motif pada keramik lantai dapur rumah karena pemilihan motif ini bergantung pada hasil akhir tampilan dapur anda. Pilihlah style yang motifnya sesuai dengan fungsi dan pertimbangkan juga kecantikan motif yang anda pilih apakah sesuai dengan ruangan dapur. Jangan memilih motif dengan corak yang sama dengan keramik pada lantai ruang tamu atau kamar. Dapur harus memiliki karakternya sendiri.

3. Tekstur keramik


Tekstur pada motif keramik lantai dapur rumah juga bergantung pada material atau bahan pembuatannya. Selain motifnya yang unik tekstur yang menarik juga akan membuat dapur anda terlihat lebih cantik. Lebih baik anda memilih tekstur keramik yang agak kasar dan jangan sampai licin untuk menghindari terpeleset saat sedang berada di dapur.

4. Memadukan motif dinding dan lantai


Motif dan desain keramik pada dinding dapur tidak harus sama dengan motif keramik pada lantainya karena justru dengan memadukan kedua motifnya atau dari segi warnanya maka ruangan dapur anda akan terlihat lebih classy yang modern. Untuk pemilihan warna pada motif keramik untuk lantai bisa anda disesuaikan dengan warna kitchen setnya.

Memilih Material Yang Cocok Pada Motif Keramik Lantai Dapur


Pemilihan material keramik untuk lantai dapur harus diperhatikan serta menjadi pertimbangan dalam memilih motifnya atau menyesuaikan material keramik tersebut dengan desain dan motifnya. Jenis material keramik lantai dapur yang fungsional yaitu jenis keramik lantai yang anti air, memiliki permukaan yang agak kasar dan mudah untuk dibersihkan.

Dapur menjadi tempatnya kotoran bersarang yang berasal dari makanan sisa yang berjatuhan. Maka penting sekali untuk memilih jenis keramik yang mudah dibersihkan dari noda makanan, saus, air atau minyak yang menempel di lantai. Jika anda memilih material yang kurang bagus bekas noda-noda yang menempel tersebut akan mengubah tekstur serta warna keramik itu sendiri.

Bahan dari Glass Tiles adalah bahan yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang karena bahan tersebut menjadi bahan yang paling pas untuk lantai dapur. Material Glass Tiles ini sangat mudah dibersihkan dari makanan yang tercecer di lantai atau noda-noda yang lengket. Selain itu, kotoran yang menempel pada keramik berbahan Glass Tiles ini tidak akan meninggalkan bekas. Motif mozaik dan pattern menjadi dua motif yang paling bervariasi dari bahan Glass Tiles tersebut.

Motif keramik bermaterial porselen  bisa menjadi pilihan yang baik untuk lantai dapur anda. Karena bahan porselen tidak mudah licin sehingga keramik  porselen ini sering dipasang untuk lantai dapur atau kamar mandi. Tekstur yang aman pada lantai porselen juga tidak akan membuat setiap pejalan kaki cepat terpeleset jika terdapat air di permukaan lantainya.

Memilih motif keramik lantai dapur itu susah-susah gampang. Karena kita tidak hanya memikirkan selera kita pada motifnya saja tapi juga harus diselaraskan dengan ukurannya apakah akan mudah dipasang atau tidak, pada setiap modelnya yang variatif, dan juga pada materialnya yang kuat. Motif pada lantai dapur ini harus mengandung 2 kriteria yang dilihat dari segi kualitas dan dari segi estetikanya.

Itulah penjelasan lengkap tentang tips pemilihan motif keramik untuk setiap ruangan rumah anda. Semoga dapat memecahkan kebingungan anda. Jika ingin melihat tips memilih motif keramik untuk dinding dari berbagai keramik batu alam populer tahun 2019 bisa baca di > Macam-Macam Keramik Batu Alam Populer Untuk Rumah Anda

0 Response to "Tips Lengkap Untuk Memilih Motif Keramik di Setiap Sudut Rumah Anda"

Post a Comment

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel