Syarat Mengambil Kredit Rumah KPR Bersubsidi

Halamanrumah.com - Bermimpi memilik rumah sendiri tentunya adalah impian besar kebanyakan orang, apalagi ketika sudah memiliki keluarga atau berumah tangga tentunya hidup dirumah sendiri tentu akan lebih menyenangkan dibandingkan hidup tinggal dirumah orang tua atau rumah sewa.

Syarat Mengambil Kredit Rumah KPR Bersubsidi


Yang menjadi persoalannya adalah Bagaimana kita bisa memiliki Rumah sendiri? Dengan penghasilan pas pasan. Inilah yang menjadi banyak pertanyaan para pembaca halamanrumah.com yang mendasari banyak Bank-Bank atau perusahaan swasta berlomba-lomba membangun bisnis perumahan atau property. Akhir –akhir ini memang bisnis pemangunan perumahan bersubsidi atau perumahan murah sedang naik daun ditawarkan oleh banyak perusahaan atau bank melalui sales propertinya masing-masing.

Rumah Subsidi? Atau Rumah KPR? Tentunya sudah sangat sering kita dengar. Masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah, biasanya berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan rumah dengan mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR. Untuk lebih jelasnya apa itu Rumah KPR ? Baca terlebih dahulu penjelasan dibawah ini.

Rumah KPR adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan atau bank kepada nasabah yang khusus untuk membeli rumah. KPR yang dimaksud disini adalah KPR yang digunakan untuk membeli rumah secara kredit, dan tentunya rumah yang dimaksud adalah rumah yang diberi subsidi oleh pemerintah.

Rumah subsidi yaitu rumah yang disediakan oleh pemerintah dengan harga murah dan bisa dicicil dengan menggunakan KPR dari bank. Selain itu rumah subsidi diberikan menggunkaan fixed rate atau suku bunga yang tetap hingga rumah tersebut lunas. Atau dengan kata lainnya KPR ini disebut juga dengan istilah KPR “sejahtera”.

Lalu bagaimana caranya mengajukan KPR untuk rumah subsidi?  Nah Dalam artikel kali ini halamanrumah.com akan membagikan informasi mengenai syarat mengambil rumah subsidi apa yang dibutuhkan agar bisa memperoleh rumah subsidi tersebut. Yuk kita simak ulasan dibawah ini yuk sobat.

Syarat Syarat Mengambil Rumah Subsidi KPR

1. Penghasilan Di bawah 4 Juta Rupiah

Apabila sobat semua mempunyai penghasilan diatas 4 juta, tidak usah ambil rumah ini ya sobat. Hal ini seringkali tidak disadari oleh calon pembeli apabila ingin mengajukan rumah bersubsidi. Karena pada dasarnya rumah subsidi ini dikhususkan pemerintah bagi masyarakat yang kurang mampu.
Namanya saja sudah subsidi loh sobat, jadi berikanlah kesempatan  masyarakat lain yang berpenghasilan di bawah 4 juta rupiah untuk menikmati subsidi ini ya sobat.

2. Belum Pernah Menerima Subsidi KPR

Syarat mengambil rumah subsidi selanjutnya ialah tidak menerima subsidi KPR sebelumnya. Apabila anda sudah pernah memiliki rumah KPR subsidi, maka jangan berharap bisa mengajukannya lagi dengan perumahan yang berbeda.
Sangat tidak disarankan, apalagi dengan bank KPR yang sama, karena petugas bank akan mengecek kartu keluarga anda jika salah satu nama anda sudah ada di list KPR bank tersebut maka nama anda akan di blok dan tidak diperbolehkan lagi mengambil KPR rumah tersebut untuk kedua kalinya.

3. Saldo Bank Minimal Tiga Juta Rupiah

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam pengambilan KPR ini adalah saldo rekening bank calon pemohon haruslah minimal tiga juta rupiah. Peringatan saldo ini biasanya sudah diantisipasi oleh developer dengan memasukkan kedalam uang muka. 

4. Surat Keterangan Gaji atau Slip Gaji

Setelah memberikan booking fee kepada pihak developer, pasti akan diminta surat keterangan gaji atau yang akrab disebut dengan slip gaji oleh pihak developer perumahan tersebut. Biasanya pihak developer akan meminta surat keterangan gaji atau slip gaji selama tiga bulan terakhir dari bulan pengajuan booking fee, dengan catatan slip gaji tersebut resmi dan ditanda tangani dan cap perusahaan oleh HRD.

5. Surat Keterangan Tidak Memiliki Rumah

Syarat mengambil rumah subsidi berikutnya ialah surat keterangan tidak memiliki rumah. Biasanya sebelum proses akad kredit rumah dimulai, pihak decveloper akan memberikan anda dokumen yang menyatakan jika anda belum memilki rumah, nanti dokumen atau surat tersebut dan harus ditanda tangani oleh RT dan RW sesuai alamat domisili anda atau alamat sesuai KTP.

6. Rekam Jejak Bank yang Lain

Pengajuan KPR subsidi akan kesulitan memperoleh pengajuan KPR apabila memiliki rekan jejak transaksi bank yang kurang baik. Orang-orang yang pernah mengalami jejak black list karena ada masalah pembayaran atau masalah yang lainnya dengan bank, akan berpengaruh terhadap pengajuan KPR anda. Jadi jangan buat masalah dengan bank ya sobat, karena semua data-data anda terekan dengan baik oleh mereka.

7. Kelengkapan Dokumen Pribadi Lainnya

Kelengkapan dokumen pribadi tentu sangat penting untuk menunjang kelancaran pengajuan KPR anda. Jenis dokumen pribadi yang dimaksud yang harus dipersiapkan adalah dokumen photo copy.

Dokumen-dokumen yang dimaksud adalah

Photo copy KTP
Photo copy KK
Photo copy NPWP
Photo copy rekening koran yang ter update
Surat keterangan aktif bekerja dalam sebuah perusahaan atau instansi
Slip gaji tiga bulan terakhir

Dan masih banyak lagi, tergantung persyaratan yang diminta atau yang ditetapkan oleh pihak developer perumahan tersebut.
Selain itu, syarat yang tidak kalah penting dalam pengajuan KPR subsidi tersebut adalah, bahwa anda adalah seorang warna negara Indonesia, dan tentunya sudah berusia 21 tahun keatas.

0 Response to "Syarat Mengambil Kredit Rumah KPR Bersubsidi"

Post a Comment

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel